Kamis, Juli 24, 2008

ide itu mahal

i d e mahal bisa seharga:
  • komputer canggih dengan spesifikasi canggih
  • Rp 30.000.000 tunai
  • voucher investasi otak (pendidikan senilai) Rp 4.000.000
  • gratis informasi dan ilmu selama 1 tahun

maksudnya apa sih Her..?

item2 tersebut di atas dihadiahkan oleh 1001 indie smile character contest kepada sang juara. yang dikonteskan adalah pembuatan karakter tersenyum dalam bentuk yaaa hampir seukuran 2 kali bungkus rokok ditumpuk menebal, disebutnya peyo. kategorinya macem2 dan aneh2 :) ada kategori pak soe(harto), tukang jamu, reok, tribal, handmade, makanan indonesia dll

juaranya menurut saya memang menelurkan ide yang membanggakan untuk kita menjadi orang indonesia. jadi setiap kontestan diharapkan mengirim karakter buatannya beserta keterangan kenapa karakter tersebut tersenyum. Sang juara membuat karakter tersenyum dengan gigi2 besar menyembul terlihat disenyumnya.. dikepalanya ada figur burung.. pakaian batik, bersandal jepit dan memegang jolok (pemetik) buah.. lumayan menggambarkan sosok indonesianis.. sayang gambarnya blom ada jadi silakan berimajinasi sendiri y? hehe..

tapi saya mau kasih tau sedikit kenapa orangnya bikin alasan karakternya tersenyum.. pada intinya karakter itu tersenyum karena kita orang indonesia, bisa maju dan kerja keras, sehingga kedepannya bisa memetik buah jerih payahnya dan bangga akan semua itu .. mudah2an mendekati.. tapi saya sangat senang melihat karakter dan membaca alasan senyumnya :)

ide kenapa karakternya tersenyum itulah yang membuatnya juara dan mendapatkan rp 30 juta beserta pelengkap lainnya.. karena kalo design mungkin hampir semua hampir bisa dibilang bagus2.. tapi idenya juara, idenya mahal.. dalam bisnis dan hidup pada hakekatnya, idelah yang diperlukan dan idelah yang dihargai.. ya kemudian aksi, ya?!

Sang juara beraksi dengan mengirim karakter buatannya untuk dikonteskan.. dan yang sangat membedakan adalah konon dikirim dalam toples! toples agak gelap dan memberitahukan kalo karaktenya itu glow in the dark! Wow! Mengerti packaging, mengerti marketing.. Differentiation..! itulah yang membuatnya jauh lebih unggul daripada yang lain.. menarik perhatian dan menariknya jauh menjadi produk yang unggul sehingga menjadi bernilai, bernilai juara! :D

bisnis kita pun harus seperti itu:

  1. ide bagus, kreatif
  2. berbeda dengan yang sudah ada
  3. bernilai juara

herry hasibuan

NB: Koq akhir blognya agak gantung y? karena saya harus buru2 ke kantor sambilan daripada nggak makan... duh! yang kayak gini ini nih yang pada hakekatnya membuat kita mau punya bisnis sendiri aja.. hahaha.. deeeee :)

Tidak ada komentar:

griya madrasah

griya madrasah
race to get a rent housing

griya madrasah

griya madrasah
rent a beatiful housing 45.000/day