Minggu, Juni 22, 2008

perlunya laporan keuangan

dengan mulainya bisnis maka aktivitas keuangan bertambah .. debet kredit di buku tabungan bertambah panjang.. kadang bingung uangnya dipake untuk apa dan lebih bingung lagi kalo ada uang tambahan :)

untungnya yang bingung terakhir itu menambah kesenangan... hehehe.. menemukan uang adalah salah satu yang menggembirakan.. iya kan? pernah kan nemu uang di kantong celana atau baju, "eh ada uang?!" pasti senang! :)

akhirnya diputuskan untuk (memang) harus lebih konsisten bikin laporan keuangan.. (kita dah bikin tapi sering lupa diupdate) :) dan laporannya harus dipisahlan sama laporan keungan pempek kita..

o iya! kita dah kasih nama pempeknya: Pempek Ma'Ngah Aisyah
jualannya cuma sabtu minggu di pasar kue cinere 06.00-10.30
berani coba? kalo ketagihan nggak ditanggung penjual :)

balik ke laporan keuangan..

salah satu kelemahan bisnis skala kecil, bisnis rumahan ato UKM adalah kadang laporan keuangan masih campur dengan keuangan rumah tangga.. atau lebih lemahnya lagi tidak punya laporan keuangan sama sekali! padahal laporan keuangan bisnis tersebut akan menggambarkan, memberikan info ke kita keadaan, perkembangan dan penurunan bisnis..

kita akan tahu
- berapakah modal yang sudah dikeluarkan
- berapakah hutang yang ada, modal didapet dari hutang ato modal sendiri
- berapakah jumlah harta bisnis kita, didapat dari keuntungan atao hutang modal
- berapa biaya, berapa keuntungan
- biaya besar dimana, kapan keuntungan diraih lebih besar
- etc etc

info ini tertulis, nggak kira2 .. kalo ditanya jawabnya bukan, "ya.. kira2.. " bukan! :)
apa lagi kalo kita perlu investor, ini bisa menambah nilai jual kita..
ada suatu yayasan yang selalu merugi tapi rajin mengupdate laporan yayasan tersebut, termasuk laporan keuangannya.. lah rugi terus tapi dilaporkan ke investor (mungkin karena menjalankan amanah y? hehe baguus) nah itu yayasan akhirnya dibantu secara profesional manajemen oleh investornya, tidak hanya dibantu secara dana seperti biasanya ;) (secara? haha)

ok?! laporan keuangan itu perlu untuk mengetahui kelangsungan bisnis kita.. untuk kita pada awal dan akhirnya :)


herry hasibuan

1 komentar:

jauhari mk, MM mengatakan...

Memang pencatatan keuangan sangat membingungkan untuk para pebisnis rumahan, kalau boleh saya ingin sharing tulisan saya mengenai pencatatan keuangan sederhana ; http://finplanner-jauhari.blogspot.com/2012/08/pencatatan-keuangan-se derhana-untuk.html#more semoga bisa saling melengkapi. Dan mohon inputannya jika ada yang ingin di tambahkan atau di perbaiki.
Salam,

griya madrasah

griya madrasah
race to get a rent housing

griya madrasah

griya madrasah
rent a beatiful housing 45.000/day