Sabtu, Agustus 02, 2008

Rasa.. Selera..

Uniknya berbisnis (makanan).. minggu lalu kami bertemu dengan salah seorang ibu yang pernah mencoba pempek Ma’Ngah kami, seperti klien kami lainnya maka kami tanyalah bagaimana pempek kami.. beliau bilang pempeknya kurang terasa ikan, dan cukanya tidak seperti cuka palembang.. “Duh!” masa iya? .. kami jadikan ini sebagai masukan untuk tetap mengontrol kualitas pempek Ma’Ngah..

Lah siangnya pada hari yang sama.. Saat kami sedang melayani sebuah keluarga, datang seorang ibu yang minggu sebelumnya membeli pempek kami.. “Dik beli kapal selemnya 4, lenjernya 10! Tolong sisain ya?! Orang rumah pada suka..”.. Lah bagaimana ini? Tadi ada yang bilang kurang ini-itu, lah ini ada yang ketagihan..!

Kalo kita perhatikan kadang memang terjadi seperti itu.. disuatu tempat makan yang ramai, karena enak makanannya, dan atau murah harganya dan atau asik suasananya.. ada saja opini yang oposisi.. apa ini karena lidah orang kadang berbeda y?

Bagaimana dengan bisnis lain? Saya pernah tes pengetahuan umum busana muslim ke teman kantor (macam orang cari kerja aja ada tes pengetahuan umum.. hihi), “tau Manet? Bagus nggak?”.. “mmm tau, kayaknya temen pernah nawarin, pake brosur kan? Biasa aja, kayaknya kemahalan Ry..”, kata Antie teman saya itu.. Padahal setau saya Manet itu bagus, dan kalo kemahalan tapi bisnisnya cukup deras.. Nah apakah ini yang namanya selera orang beda2..? ato saya bertanya pada target market yang tidak sesuai? ..

Pun akhirnya kami tidak fokus pada pembeli yang bilang kurang ini-itu.. Fokus kami tetap pada pelanggan yang ketagihan! Haha.. sebagai penyemangat! Namun demikian kami catat semua kata pembeli.. hal ini kami jadikan audit kualitas pempek Ma’Ngah.. pelengkap audit intern yang telah kami lakukan, kami menerapkan tes lidah rasa pempek yang kami buat dan akan dijual pada hari itu, sebelum sampai ke lidah pembeli..

Rasa pempek kami.. Rasa “Ketagihan Nggak Ditanggung!” hehehe..


Semoga berguna ;)

herry hasibuan

Tidak ada komentar:

griya madrasah

griya madrasah
race to get a rent housing

griya madrasah

griya madrasah
rent a beatiful housing 45.000/day