Sabtu, Agustus 23, 2008

kongsi oh kongsi..

Dulu saya sering ditanya bedanya Sederhana dengan Sederhana Bintaro.. Saya bilang tadinya satu yaitu Sederhana, nah aakhirnya pecah.. yang satu pecahannya itu bikin Sederhana Bintaro..

Untungnya ya memang nggak salah penjelasannya.. Koran Tempo edisi 23 Agustus 2008 membahas tentang mereka, yang diberitakan adalah perseteruannya. "Perang dua saudagar restoran padang" begitulah ditulis judulnya..

Inilah resiko bikin usaha dengan kongsian.. banyak teman2 enterpreneur berpendapat, satu usaha sebaiknya tetap dimiliki oleh satu orang secara jelas, satu usaha lebih banyak baiknya dikelola oleh satu orang yang jelas.. setidaknya jadi pemimpinnya..

Nama pemilik Sederhana adalah Bustaman, merintis Sederhana sejak 1973 bermulai dengan gerobak. Kini, Sederhana versi Bustaman telah mencapai 70 buah, 7 diantaranya milik sendiri. Tahun 1997, Bustaman bersekondan dengan Djamilus dalam berbisnis rumah makan masakan padang ini. Merek Sederhana didaftarkan di Dirjen HAKI. Bustaman mengelola 2 rumah makan padang dengan nama Sederhana Bintaro. Dan 4 tahun kemudian keduanya beda pandangan dan memutuskan untuk memecahkan telur perkongsian. Tahun 2003, merk Sederhana Bintaro pun didaftarkan.

Nah saat ini teriring keduanya berkembang, Bustaman mengajukan gugatan dengan keberatan penggunaan nama Sederhana.. tulisan, huruf, dan warna merk diklaim bahwa yang digunakan adalah milik Sederhana-nya.. Dimintakanlah pergantian nama, bayar kerugian materi 4 miliar dan immateri 1 miliar.. wuii..

Saya pernah kenalan dengan seseorang yang bekerja di konsultan merk.. penggunaan merk saat ini harus hati2, dia sangat menyarankan agar tidak ada kesamaan bunyi, atau pun tulisan.. contoh "adidas" dengan "adibas".. hehe mirip kan? ini nggak boleh kata dia..:)

lah sekarang, kan kedua nama restoran itu sudah terdaftar.. bagaimana? kita senyum aja, nyengir aja.. :) :D ambil pelajarannya y..


semoga berguna ;)

herry hasibuan


NB: Pempek Ma'ngah bersiap menghadapi Ramadhan.. bikin riset kecil2an



Tidak ada komentar:

griya madrasah

griya madrasah
race to get a rent housing

griya madrasah

griya madrasah
rent a beatiful housing 45.000/day