Senin, Februari 16, 2009

Cari akherat, jangan lupakan dunia

Beberapa waktu lalu saya temukan lagi, “beribadahlah kamu untuk dunia seakan-akan kamu akan hidup seribu tahun lagi. Dan beribadahlah kamu untuk akhirat seakan-akan kamu akan mati besok”. Banyak macamnya disebutkan atau dituliskan, namun pada dasarnya hal yang disampaikan tetap sama. Saya temukan dalam sebuah diskusi disebutkan sebagai anjuran Rosululloh, bahkan disebutkan “seakan-akan engkau akan hidup selamanya”. Saya belum pernah menemukan (jika ini memang hadis) riwayatnya. Ada yang bisa bantu?.. Salah satu teman saya menyampaikan bahwa hadis ini merupakan hadis yang lemah atau bahkan palsu. Sebaiknya memang kita periksa dulu keberadaanya ini..

Dalam hal berdunia, ada satu manusia yang diberikan materi begitu banyak. Qarun namanya!

Sesungguhnya Qarun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah Menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat . (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya, “Janganlah kamu terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri.” (Al-Qashash: 76)

Allah pun menerangkan kembali bahwa akhirat adalah nomor satu, sebelum dunia ini yang jadi nomor dua. Akhirat itu harus dicari-cari, sedangkan dunia.. urusannya disebutkan hanya dengan “tidak dilupakan”.

"Dan carilah apa yang telah Dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah Berbuat Baikkepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak Menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan." (Al-Qashash: 77)

Dalam urusan akhirat dan dunia ini, kita diberitahukan untuk berbuat baik kepada orang lain. Seberapa baik? Sebaik Allah telah berbuat baik kepada kita! Harus bisa ya?! .. :) Dan kita dilarang berbuat kerusakan, karena Allah tidak menyukainya! Mungkin kita tidak buang sampah sembarangan, tidak merokok, tidak korupsi, tidak mark up, tidak serakah, tidak ini, tidak itu.. banyak yang lain karena dilarang oleh manusia, sampai banyak peraturannya. Tapi ini.. Allah yang telah melarangnya.. Semoga kita selalu mengingatnya dan menerapkannya.

Semoga berguna :)



Herry Hasibuan

Tidak ada komentar:

griya madrasah

griya madrasah
race to get a rent housing

griya madrasah

griya madrasah
rent a beatiful housing 45.000/day