Kamis, Desember 03, 2009

Tebusan yang melegenda

Sewaktu hidup, bau badannya sangat khas. Khas baunya itu, menjadi kekurangberuntungan bagi pemilik aroma badan yang disetarakan dengannya. Bagi orang yang mengaku sudah mandi, apalagi yang belum mandi. Jangankan mandi, air pun memang musuh besar baginya, salah satu mahluk darat yang ‘water resistent’.

Allah Yang Maha Adil tak membiarkannya begitu saja dengan kekurangannya tersebut. Spesiesnya ternyata mendapat kebanggaan untuk digembalakan oleh Young Rasulullah. Hingga saat ini menjadi salah satu ternak favorit manusia. Menjadi salah satu pilihan menggiurkan ketika tertera di menu restoran, menjadi salah satu pertanyaan utama “ini/itu apa?” di atas meja makan. Cukup tersohor juga dia, karena namanya dipampang di tempat2 makan kelas tenda hingga billboard restoran ternama.

Ketika sudah digulingkan, sebagian besar orang malah mendekatinya, merapat padanya, di suatu perhelatan apalagi resepsi pernikahan. Ketika orang-orang baru datang, biasanya menjadi yang dicari-cari. Menjadi omongan ketika orang sudah mulai bersantap dengan senyuman. Menelantarkan teman-temannya yang lain, dan terus saja melayani setiap orang yang mengambilnya dengan mata berbinar, liur di bawah lidah pun bisa rembes. Stoknya mulai menipis, orang yang mengantri malah bertambah panjang. Menjadi pencarian sebagian orang yang telah kehilangan jatahnya. Membuahkan kecewa kecil ketika dia telah juara, juara dalam tiada.

Dia meraih angka yang tinggi untuk kategori kalori. Partner yang tepat untuk orang-orang bersemangat, semangat orang-orang yang beraktivitas di luar ruangan, penjaga semangat di dalam ruangan, penambah semangat di bawah selimut. Berhati-hatilah dengannya, mampu menelan korban bagi yang mengkonsumsinya dalam dosis tinggi.. kesehatan menjadi korban.
Salah satu saudaranya mendapatkan kehormatan menjadi tebusan bagi seorang anak, seorang nabi. Menjadi peran pembantu dalam sejarah pengorbanan. Pengorbanan yang memberitahukan arti sebuah ujian, memberitahukan arti berserah diri, memberitahukan kategori orang sabar, orang baik, dan orang beriman. Pujian lah yang diabadikan untuk sang bapak, bapak manusia, Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam. Pujian dari orang2 dahulu, yang sekarang, dan yang datang kemudian.

Setahun sekali, mereka menjadi salah satu tokoh utama berhari raya. Anak saya tidak sulit mengenalinya, cukup lah mudah mengenali mereka. Begitu pun anda, anda sewaktu masih anak-anak, dan anak-anak anda sekarang.. Mbee.. begitulah bunyinya.. :)


Herry Hasibuan

Hari pertama tasyrik 1430 H

Tidak ada komentar:

griya madrasah

griya madrasah
race to get a rent housing

griya madrasah

griya madrasah
rent a beatiful housing 45.000/day