Senin, April 13, 2009

jodoh dan 'jodoh


Salah satu teman kuliah saya akhirnya mendapatkan jodohnya. Sabtu kemarin menikah. Jodoh merupakan salah satu hal yang telah ditulis oleh Allah, Sang Pencipta, sejak awal. Mau bagaimana kita menyikapinya, jodoh sudah ada sejak awal. Sehingga tinggal kita mengarahkan bagaimanakah sikap yang benar mengenai jodoh ini.


Banyak orang menyikapi hal jodoh ini dengan banyak cara juga. Ada yang pacaran, ada yang berteman. Ada yang berpacaran dengan banyak orang, ada yang berteman dengan banyak orang. Ada yang melakukannya serius banget, ada yang melakukannya santai-santai saja. Ada yang berstrategi, ada yang mengikuti saja arus yang mengalir.


Jodoh itu sering juga digunakan tidak hanya pada sesama manusia. Suatu barang pun kadang dijodoh-jodohkan, walaupun masih dikaitkan dengan manusia. Barang dagangan ada jodohnya, sekecil apa pun. Rumah ada jodohnya. Rumah sering sekali dibilang ada jodohnya, “kalau mencari rumah.. jodoh-jodohan”, begitu katanya. Pekerjaan dan uang yang kita dapatkan sebetulnya jodoh kita juga. Atau pekerjaan dan rezeki yang sudah di depan mata kita, namun akhirnya tidak kita dapatkan, yaa.. itu namanya bukan jodoh kita juga.

Heran tidak heran, kita akan mendapatkannya dengan beragam jalan. Tentunya menjadi menarik jika kita mendapatkannya dengan cara tak terduga. Sering kali Allah Menjodohkan Rezeki dengan jalan yang tak disangka-sangka. Bahkan teman saya di atas, dapet jodohnya dengan perkenalan pertama kali di pemakaman, di kuburan!

Walaupun kadang terasa sulit, karena kita manusia punya musuh namanya nafsu. Nafsu ini materi negatif dalam tubuh kita yang harus dikendalikan dengan bijaksana. Seperti mengendalikan kuda (macam saya pernah naik kuda saja.. hehe). Dan kita punya musuh nyata, Syetan. Membisikkan pengaruh, godaan, ajakan yang sangat jelek dan berbahaya. Tidak hanya satu syetan tapi bisa mengerahkan sepasukan syetan untuk mempengaruhi satu manusia. Dari arah depan, belakang, kanan serta dari arah kiri.

Tapi tetap saja sebetulnya kuncinya mudah sekali. Kita, manusia yang hidup di dunia Ciptaan Allah Sang Pemilik, tinggal mengikuti ‘juklak’ yang ada, petunjuk teknis menjalani hidup. Al Quran sudah memuat semua hal. Dan tinggal mengikuti Sang Role Model, Nabi kita Rasulullah, Muhammad SAW.

Saran saya sih lakukan dengan benar sesuai petunjuk dari Pencipta Kita, lakukan yang benar sesuai tauladan dari Nabi Kita, semuanya sudah dikumpulkan dalam Al Quran dan Hadis. Betapa Pemurahnya Pencipta Kita, menciptakan segala sesuatu dengan petunjuk dan contoh untuk mendapatkannya dan menggunakannya.

Yang lurus-lurus aja ya(?) mencari pasangan dan rezeki.. Semua ada jodohnya :)

Semoga berguna




herryhasibuan.blogspot.com

NB: Bukannya menggurui dan sok suci, semua manusia pernah salah. Hanya mencoba melakukan sesuatu yang benar, saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran. Ini bekal kita untuk ‘pulang kampung’.. :)

Tidak ada komentar:

griya madrasah

griya madrasah
race to get a rent housing

griya madrasah

griya madrasah
rent a beatiful housing 45.000/day